Jenis-jenis Paus Yang Diawetkan Di Dunia

Apakah anda tahu paus?? Paus adalah salah satu hewan mamalia terbesar di dunia yang hidup di laut, karena ukurannya yang sangat besar, apabila ikan paus ini terdampar di tepi laut akan sulit untuk kembali lagi ke tengah laut, biasannya kalau tidak cepat diselamatkan paus ini akan cepat mati. Jika paus itu tidak terselamatkan atau mati biasanya para ilmuan akan mengawetkan tulang paus tersebut di museum.
Nah berikut ini adalah Jenis-jenis Paus Yang Telah  Diawetkan Di Dunia :


Paus Abu-abu

Paus dewasa ini panjangnya bisa mencapai 13 sampai 14,1 meter dengan berat rata-rata 14 sampai 35 meter. dan pada tahun 1980 paus abu-abu (grey whale) yang panjangnya 8,2 meter terdampar di pantai Sand City dalam keadaan mati. dan kesempatan ini langsung dimanfaatkan oleh para relawan dan ilmuan untuk mengawetkan kerangka ikan paus tersebut. bangkai paus ini dikuburkan selama 1 tahun kemudian dipajang di Monterey Bay Aquarium, California, AS.

Paus Biru

Paus ini adalah paus terbesar yang ada di bumi, panjangnya bisa mencapai 25 sampai 26,2 meter, berat rata-rata 100 sampai 120 ton untuk paus biru dewasa. Paus biru ini ditemukan mati terdampar di pantai pamengpeuk priangan selatan pada tahun 1916. bila anda ingin melihat kerangka paus ini datanglah ke museum Zoologi Bogor. tidak hanya di bogor, kerangka paus biru ini juga di awetkan di The Canadian Museum Of Nature In Ottawa yang dibuka tahun 2010 lalu. Dan juga di AS (Smithsonian Natural History Museum) Kerangka Paus biru kerdil di Meelborne.

Paus Bungkuk
Paus Bungkuk dewasa ini panjangnya sekitar 13 sampai 14 meter dengan berat mencapai 25 sampai 30 ton. Pada tanggal 08 juli 2012 lalu seekor Paus Bungkuk ditemukan terdampar di pulau Cranberry, Maine, AS dalam keadaan mati, penyebab kematian paus itu masih belum diketahui. sekitar 25 ilmuan dan pelajar membedah paus bungkuk tersebut dan memisahkan organ-organ tubuhnya seperti halnya memisahkan antara daging dengan tulangnya. saat para ilmuan itu bekerja, mereka menggunakan masker dan inhaler. menurut salah satu dari ilmuan tersebut " tidak ada yang sebau ini di dunia". sebelum di pajang di museum tulang paus ini di kuburkan selama berbualan-bulan.

Paus Sirip
Paus Sirip ini panjangnya bisa mencapai 22 sampai 22,3 meter, pada agustus 2011, Seekor aus sirip terdampar di Dungarvan, Country Waterford, Irlandia, dalam keadaan is death atau mati. paus ini dikubur selama 1 tahun, kemudian dibersihkan dan disusun untuk dipamerkan. Beberapa museun yang sudah memamerkan paus sirip ini adalah Natural History Museum di Los Angels, California, Museum Science North di Ontario, kanada

Paus Pembunuh
Paus pembunuh ini merupakan paus bergigi, bentuknya mirip dengan lumba-lumba, paus ini juga menjadi binatang sirkus, paus ini merupakan paus tercerdas dan suka dilatih untuk pertunjukan seperti di sirkus. paus ini terdapat di Aquarium dan taman laut di dunia, seperti di miami seaqurium dan lain-lain. Paus pembunuh yang langka ini ditemukan menjadi fosil dan dipamerkan di museum Capellini di Bologna, Italia.

Itulah Jenis-jenis Paus Yang Diawetkan Di Dunia.

1 Response to "Jenis-jenis Paus Yang Diawetkan Di Dunia"

  1. wah keren gan ikan pausnya. ane selalu bermimpi dapat liat langsung tuh ikan paus.

    hotel murah di jakarta

    ReplyDelete