5 Parasit Yang Menguntungkan

5 Parasit Yang Menguntungkan - Meskipun kita ketahui bahwa mahluk parasite menyebalkan, mengganggu dan merusak, namun tidak semua sifatnya tidak menguntungkan. semua yang ada di dunia baik mahluk hidup ataupun benda, ternyata memiliki manfaat yang tidak terpikirkan sebelumnya. Seperti parasit yang hidup dan bersarang di tubuh inang, ternyata sifatnya menguntungkan mahluk hidup lainnya. Dan berikut ini adalah 5 Parasit Yang Menguntungkan:
1. Larva Tawon
2. Tawon Parasitoid (Braconidae)
3. Tungau Kulit Merah
4. Mistletoe
5. Kutu

Larva Tawon
Di Amerika Serikat, larva tawon dikenal pula dengan sebutan ‘Oak Apples,’ karena ia hidup di lubang-lubang pohon oak. Parasit yang satu banyak menghabiskan dedaunan pohon oak, bahkan hingga menyebabkan inangnya kehilangan nutrisi karena tidak berfotosintesis dengan sempurna. Meski demikian apple oak ini sangat berguna sebagai bahan pembuat tinta. Karena banyak mengandung ekstraksi zat asam dari pohon oak, larva yang satu ini pun diburu dan dicampurkan dengan bahan mineral lain untuk dijadikan tinta pena dan cat lukis di Eropa sejak abad ke-15 hingga ke-17.

Tawon Parasitoid (Braconidae)
Tawon yang satu ini masuk ke dalam famili Ichneumonidae, yang berkerabat dekat dengan tawon ichneumon. Berdasarkan mitos Yunani Kuno, Ichneumon berarti ‘pelacak’ yang merupakan musuh dari para naga. Maka tak heran pula jika tawon braconidae dapat dilatih untuk melacak bebauan yang bahkan tidak tercium oleh hewan lain.
Tawon yang satu ini digunakan oleh parat hukum dan militer Barat untuk melacak keberadaan narkoba, bahan peledak dan senjata. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan lebih mudah melatih tawon sebagai pelacak daripada seeko anjing.

Tungau Kulit Merah
Tungau yang satu ini memiliki perawakan gemuk dan bulu serta kulit berwarna merah. Mereka adalah parasit yang menakut bagi para serangga terutama ketika masih menjadi larva. Di India larva tungau kulit merah seringkali ditemukan hidup di dalam tubuh jangkrik.
Namun keuntungan yang didapatkan dari parasit yang satu ini bagi masyarakat Timur adalah sebagai obat penyubur dan kelumpuhan. Namun berdasarkan temuan ilmiah, tungau kulit merah ini mengandung zat anti jamur dan anti bakteri.

Mistletoe
Mistletoe merupakan tumbuhan parasit yang selalu diasosiasikan dengan Natal dan kisah romantis. Jenis mistletoe yang sering dijadikan sebagai dekorasi pohon natal di Eropa adalah Viscum album dan Phorandenron serotinum di Amerika Utara.
Meskipun bagian batangnya beracun untuk dikonsumsi manusia, namun bagian daun dan buahnya digunakan sebagai minuman Biska di Kroasia. Bahkan dedaunannya pun di musim dingin menjadi pakai rusa, kijang, landak, tupai dan banyak lagi binatang yang bisa berteduh di bawahnya ketika salju turun. Di zaman Romawi dan Yunani kuno, daun mistletoe digunakan sebagai obat sariawan.

Kutu
Meskipun hewan mikroskopis ini menyebalkan manusia, terutama kutu rambut, ternyata memiliki manfaat yang besar dan penting. Disebutkan bahwa kutu dapat merangsang aliran megaelektrik yang dikeluarkan oleh otak, sehingga menjadikan manusia lebih responsif. Selain itu juga kutu dapat mencerna karbon yang terdapat di dalam tubuh manusia.
Dari sisi budaya, pada 1920’an kata ‘flea’ (kutu) digunakan di dalam kalimat yang bertujuan memuji dan menyenangkan seseorang. Bahkan kutu yang dalam bahasa Perancis adalah puce, dijadikan sebagai sapaan ‘sayangku.

0 Response to "5 Parasit Yang Menguntungkan"

Post a Comment